Dorong Kemandirian, Pertamina Lubricants Kembali Gandeng dan Bina Nelayan di Maluku

Kamis, 08 Sep 2022 | 71 views   178 likes


Maluku - Dalam rangka mengembangkan potensi dan mendorong kemandirian para nelayan di Indonesia, PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali meresmikan program Pertamina Sahabat Nelayan di Dusun Kawa, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. PTPL menggandeng para nelayan yang tergabung dalam Koperasi Produsen 'Nusa Kamu Bersama'.
 
Sebelumnya, sebanyak delapan nelayan telah mendapatkan pelatihan perdana terkait mesin kapal oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ambon pada 8 September 2022.
 
Pelatihan ini dihadiri oleh Kabid Pengawasan SDKP dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku (Perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku) Imran Sangaji, S.Pi, M.Si, Kepala Bidang Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Kota Ambon (Perwakilan Dinas Perikanan Dan Kelautan Kota Ambon) Frida Tuny, S. Pi, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon Abubakar S.Pi., M.Si beserta instruktur lainnya, Sekretaris Koperasi Produsen 'Nusa Kamu Bersama' La Jainudin, serta perwakilan Sales Region Manager VII PTPL Zuhdy Pratama. 
 
Pelatihan akan dijalankan hingga 21 September 2022 nanti.
 
Pertamina Sahabat Nelayan merupakan program pemberdayaan masyarakat pesisir yang terdiri dari pelatihan mesin kapal dan pendampingan perintisan bengkel nelayan.
 
PTPL melakukan pendampingan program dengan memberikan bantuan modal kerja seperti kompressor, toolkit, paket pelumas, dan perlengkapan bengkel lainnya, sosialisasi product knowledge pelumas khusus mesin kapal dan pemberian wawasan sales dan kewirausahaan sehingga bengkel nelayan nantinya dapat dikelola dengan maksimal.
 
Pada tahun 2021, program ini telah dijalankan juga di wilayah Kab. Maluku Tengah. Tak hanya itu, PTPL juga berhasil memberdayakan masyarakat nelayan di Rukun Nelayan Cilacap dan Banyuwangi. 
 
Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon Abubakar S.Pi., M.Si mengatakan, "Kami sangat berterima kasih kepada PT Pertamina Lubricants yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk kembali bekerja sama dalam memberikan pelatihan permesinan kapal ini. Harapannya dengan diadakannya pelatihan tersebut, dapat meningkatkan pengetahuan dasar bagi para nelayan mengenai perbaikan mesin kapal yang sesuai dengan prosedur."
 
La Jainudin, selaku Sekretaris Koperasi juga menuturkan, "Besar harapan kami melalui kerjasama antara koperasi PTPL ini dapat membantu mengembangkan kemampuan para nelayan dalam hal perbaikan mesin kapal yang sebelumnya di dapatkan dari hasil belajar sendiri serta kami juga berharap program ini kedepannya dapat meningkatkan jiwa dan semangat kewirausahaan nelayan melalui usaha bengkel nelayan."
 
Senada dengan La Jainudin, Perwakilan Sales Region Manager VII,l  Zuhdy Pratama mengucapkan terimakasih  yang sebesar-besarnya kepada para nelayan yang telah menerima kehadiran PTPL dan menyambut baik program ini. 
 
"Program Pertamina Sahabat Nelayan hadir tidak hanya untuk mendorong kemandirian nelayan-nelayan Indonesia, namun juga diharapkan mampu menimbulkan multiplier effect yang berdampak positif terhadap seluruh masyarakat di sekitar pesisir," ucapnya.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas