Dukung Peningkatan Kesehatan Masyarakat, Pertamina Lubricants Gelar Pelatihan Kader Posbindu


Kamis, 25 Aug 2022 | 18 views   42 likes


Jakarta, 25 Agustus 2022 - PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan Subholding Commercial &  Trading Pertamina, yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri, melalui Production Unit Jakarta (PUJ) menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesehatan masyarakat melalui pelatihan bagi kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan pemberian bantuan alat kesehatan yang dilaksanakan pada Rabu (24/08) di POSBINDU Cemara Ceria 001, Kelurahan Tugu Utara, Jakarta Utara.

Pelatihan kader Posbindu diikuti oleh delapan kader Posbindu Cemara Ceria 001 dan diisi dengan materi sosialisasi tugas dan kewajiban kader, praktek dan latihan penggunaan alat pemeriksaan kesehatan dan juga pemberian bantuan alat tensi darah, timbangan, alat cek gula darah kolesterol & asam urat, dan kebutuhan yang lainnya.

Kader Posbindu merupakan kader pelaksana pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi masyarakat di sekitar. Kader Posbindu juga berfungsi sebagai Koordinator penyelenggaraan Posbindu, Penggerak masyarakat, pemantau pengukuran faktor kesehatan masyarakat, Konselor kesehatan masyarakat dan pencatat hasil kegiatan kegiatan Posbindu.

Dalam sambutannya, Manager Production Unit Jakarta PTPL Dody Arief Aditya menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader Posbindu dalam menjalankan tugasnya sebagai kader kesehatan.

"Semoga kehadiran Posbindu Cemara Ceria 001 dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang sehat dan kader kesehatan yang berdaya," imbuhnya.

Setelah berakhirnya pelatihan kader POSBINDU akan meresmikan Posbindu Cemara Ceria 001 sekaligus menjadi penanda dimulainya kegiatan Posbindu termasuk pemeriksaan kesehatan perdana yang akan dilakukan oleh kader kepada masyarakat RW 001.

Ketua Posbindu Cemara Ceria 001 Tiyas menyampaikan bahwa bantuan dari PT Pertamina Lubricants sangat membantu kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat di sekitar RW 001 dikarenakan posbindu merupakan bentuk swadaya masyarakat.

“Melalui kehadiran Posbindu, masyarakat mulai usia 15 tahun hingga lansia kini kesehatannya dapat terpantau,” lanjutnya.

Melalui peningkatan kemampuan kader Posbindu diharapkan dapat meningkatkan sikap mawas diri masyarakat terhadap faktor risiko kesehatan sehingga peningkatan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) dapat dicegah. Sekaligus meningkatkan mawas diri ini ditunjukan dengan adanya perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat dan pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan tidak hanya pada saat sakit, melainkan juga pada keadaan sehat.

Program ini merupakan upaya PTPL untuk turut berkontribusi terhadap implementasi ESG Pertamina, serta mendukung pencapaian SDGs nomor 3 tentang Kehidupan Sehat dan Sejahtera.








TEMUKAN PELUMAS TEPAT
UNTUK OTOMOTIF,
INDUSTRI
& OVERSEAS,
DISINI