Lestarikan Budaya Gresik, Kampung Kreasi Binaan PTPL Gencarkan Gerakan Satu Rumah Satu Damar Kurung


Sabtu, 27 Aug 2022 | 17 views   35 likes


Gresik - PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan Subholding Commercial & Trading Pertamina, yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri menunjukkan komitmennya dalam melestarikan dan mendorong awareness budaya-budaya di Indonesia dengan mendukung penyelenggaraan kegiatan Festival Kampung Kreasi - Satu Rumah Satu Damar Kurung pada Sabtu, 27 Agustus 2022 di Kampung Kreasi, Kelurahan Sidokumpul, Gresik, Jawa Timur.

Festival ini diselenggarakan oleh kelompok masyarakat yang berada di Kampung Kreasi dengan memamerkan 15 booth UMKM dan pengrajin lokal damar kurung dari Kelurahan Sidokumpul.

Turut hadir dan mendukung kegiatan yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, Budayawan Gresik Kris Aji,  Camat Gresik Agung Endro, Lurah Sidokumpul Sulaiman Rasjid, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik, Pokdarwis Kabupaten Gresik, Pemuda Karang Taruna Kelurahan Sidokumpul, Manager Production Unit Gresik (PUG) PTPL Setyo Nugroho, dan Persatuan Wanita Patra PTPL Gresik.

Kegiatan dibuka dengan tarian pencak macan dan ditutup dengan pengenalan sejarah Damar Kurung oleh budayawan Gresik. Kemudian Gerakan Satu Rumah Satu Damar Kurung ditandai dengan simbolis pemasangan bersama damar kurung oleh Manajer PUG, Camat, Lurah Sidokumpul dan Budayawan Gresik.

Untuk kegiatan festival lainya seperti jajanan UMKM dilakukan di sepanjang jalan dalam kampung dengan tujuan untuk mengenalkan Kampung Kreasi kepada masyarakat sekitar Gresik.

Gerakan Satu Rumah Satu Damar Kurung merupakan program yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan khas Gresik. Sejak Tahun 2019, Kampung Kreasi sudah melakukan gerakan masif untuk pemasangan Damar Kurung di sepanjang jalan dan dalam kampung di Seluruh RW 007 Kelurahan Sidokumpul.

Dalam hal ini, Damar Kurung dibuat oleh pengrajin lokal di Kampung Kreasi yang diantaranya adalah masyarakat umum dan kelompok Karang Taruna Jagal Bangkit.

Selain itu, beberapa Damar Kurung juga diproduksi dengan limbah label ex sticker kemasan lithos (botol) pelumas Pertamina.

Dengan adanya gerakan ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Gresik di wilayah lainnya. Tak hanya kegiatan ini juga bertujuan untuk mengangkat UMKM lokal yang berada di wilayah binaan CSR PTPL, khususnya Kampung Kreasi.

Setyo Nugroho selaku Manager Production Unit Gresik mengatakan bahwa dukungan pembinaan, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat Kampung Kreasi merupakan komitmen untuk mendorong bangkitnya dan majunya perekonomian di wilayah dimana perusahaan beroperasi.

Budayawan Gresik Kris Aji menyatakan Harapannya terhadap gerakan ini adalah agar dapat menjembatani masyarakat Gresik untuk terus melestarikan kebudayaan lokal agar tidak tergerus oleh waktu.

Camat Gresik Agung menyampaikan ucapan terimakasih kepada PTPL yang terus memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan di Kampung Kreasi. Agung juga berterimakasih kepada masyarakat yang berada di Kampung Kreasi atas dedikasi tingginya dalam mendorong kreatifitas yang memiliki nilai ekonomi. 

Harapannya dengan hadirnya kegiatan ini, budaya-budaya Gresik dapat dipegang dengan kuat untuk dilestarikan hingga ke anak cucu nantinya.

Senada dengan Agung, Setyo juga berharap program yang ada dapat terus dilestarikan, tidak hanya di Gresik namun juga wilayah lainnya dengan mendorong budaya setempat. Selain itu hal serupa juga akan turut mengangkat UMKM lokal. 

Program ini selaras dengan program ESG Pertamina dan pilar "Go Sustainable" dan "Go Collaborative", serta mendukung pencapaian SDGs nomor 8 dan 11 tentang Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan.








TEMUKAN PELUMAS TEPAT
UNTUK OTOMOTIF,
INDUSTRI
& OVERSEAS,
DISINI