PT Pertamina Lubricants Terus Tumbuh Dan Bertahan Di Tengah Gonjangan Bisnis

PT Pertamina Lubricants Terus Tumbuh Dan Bertahan Di Tengah Gonjangan Bisnis

PT Pertamina Lubricants Terus Tumbuh Dan Bertahan Di Tengah Gonjangan Bisnis

Jakarta, 9 April 2021 - PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola bisnis pelumas domestik dan internasional meraih penghargaan Strategi Bertahan dan Tumbuh Terbaik II Kategori Anak Perusahaan BUMN dalam ajang Anugerah BUMN Awards 2021. Penghargaan diserahkan langsung oleh Pengamat Ekonomi Institute For Development of Economics and Finance (Indef) dan Pakar BUMN Track, Dr. Enny Sri Hartati kepada Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa pada Kamis malam (8/4) di Jakarta.


Penghargaan yang mengusung tema “Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi” pada tahun 2021 ini memberikan pengakuan dan apresiasi atas kemampuan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN dalam bertransformasi dan tetap bertahan, bahkan terus tumbuh serta berkinerja baik di masa pandemi dengan langkah-langkah strategis yang unggul.


Sejak pandemi Covid-19 menimpa Indonesia pada awal 2020, PT Pertamina Lubricants terus berkomitmen untuk memberikan inovasi produk pelumas Pertamina dan layanan terbaiknya.


"PT Pertamina Lubricants telah memiliki fondasi bisnis yang kokoh sehingga mampu terus bertahan dan tumbuh. Kondisi pandemi ini mengakselerasi perubahan dan transformasi bisnis PT Pertamina Lubricants menjadi perusahaan yang lebih agresif bergerak dalam mengimplementasikan berbagai programnya," ungkap Andria Nusa.


Berbagai langkah strategis telah diimplementasikan salah satunya adalah Business Optimization melalui penerapan digitalisasi dalam semua proses bisnis.


Andria kembali menyampaikan bahwa industri pelumas terus berkembang dan persaingannya menjadi semakin ketat.


"Digitaliasi menjadi core business strategy sehingga kami mengembangkan program-program seperti Go-Digital yang inovatif untuk mendukung operational proses bisnis terlebih disaat pandemi Covid-19 dan disaat yang bersamaan melahirkan inovasi-inovasi pelayanan digital. Kami juga menerapkan Go-Retail yang lebih masif untuk meningkatkan kekuatan di pasar dan Go-Customer yang fokus pada meningkatan market share segmen industri."


Tak hanya itu, PT Pertamina Lubricants juga terus mencari peluang baru dengan melakukan diversifikasi bisnis guna meningkatkan portofolio bisnis perusahaan melalui sinergi dan partnership seperti bisnis katalis dengan berdirinya JV PT Katalis Sinergi Indonesia dan pengembangan specialties chemicals dan produk lainnya.


Selain memperkuat proses bisnis, PT Pertamina Lubricants terus membangun kapabilitas sumber daya manusianya.


"Keberadaan sumber daya manusia (SDM) dengan kapabilitas yang terus diasah memiliki peran penting bagi kemajuan perusahaan, karena ikut menentukan kesinambungan kegiatan operasi dan bisnis ketika terjadi disrupsi seperti saat ini atau pada masa mendatang. Kami mempersiapkan kapasitas dan kapabilitas para pekerja, meningkatkan agility dan pelibatan pekerja serta penataan organisasi yang mendukung perubahan bisnis," lanjut Andria.


Kedepannya, PT Pertamina Lubricants akan semakin berupaya untuk meningkatkan nilai tambah dan competitive edge melalui inovasi berkelanjutan dengan melahirkan produk, teknologi dan pelayanan yang berkualitas bagi konsumen baik secara domestik maupun global.

©Copyright PT Pertamina Lubricants 2018.All rights reserved