PT Pertamina Lubricants Perkuat Penerapan Good Corporate Governance

PT Pertamina Lubricants Perkuat Penerapan Good Corporate Governance

PT Pertamina Lubricants Perkuat Penerapan Good Corporate Governance

Jakarta, 9 Oktober 2020 – PT Pertamina Lubricants terus mengedepankan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam tata kelola perusahaan secara konsisten dan berkelanjutan di seluruh lini dan aktivitas perusahaan berlandaskan pada standar etika bisnis yang tinggi.


“Sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Lubricants berkomitmen membangun fondasi yang kokoh dalam mengembangkan bisnis pelumas dengan praktik-praktik bisnis yang sehat dan beretika. Kami mengimplementasikan Good Corporate Governance sebagai upaya untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan perseroan kepada seluruh pemangku kepentingan dan sudah menjadi kebutuhan dalam meningkatkan kinerja perusahaan untuk mencapai visinya menuju perusahan pelumas kelas dunia,” ungkap Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Iwan Ridwan Faizal.


Melalui self-assessment, PT Pertamina Lubricants berhasil meraih pencapaian skor GCG dengan kategori Baik dengan nilai melebihi angka 80%. Hal ini dicapai dengan melalukan sejumlah program untuk memperkuat dan mempertahankan implementasi CGC secara menyeluruh antara lain sosialisasi pedoman tata kelola perusahaan dan pendampingan kepada seluruh pekerja PT Pertamina Lubricants.


“Komitmen yang kuat dari Board of Directors, Board of Commissioners, komite-komite, manajemen, dan seluruh pekerja terhadap GCG telah menghasilkan skor assessment GCG yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, sebagian besar inisiatif, prosedur dan sistem di perusahaan telah selaras dengan visi dan sasaran strategis perusahaan kedepannya,” Lanjut Iwan.


Sejak berdiri pada tahun 2013, PT Pertamina Lubricants telah menerapkan quality management system sebagai pedoman kerja antara lain ICO 9001: 2016 tentang Quality Management System (QMS), ISO 14001:2015 terkait Environmental Management System (EMS), ICO 45001:2018 t tentang Occupational Health & Safety Management System (OH& S MS), compliance terhadap ISO 26001:2010 tentang Social Responsibility Management System, SNI ICO/IEC 17025:2017 tentang Persyaratan Umum Untuk Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi, ICO 50001:2011 tentang Energy Management System untuk Production Unit Gresik (PUG) dan ICO 55001:2014 tentang Asset Management System.


Selain itu, sebagai perusahaan yang bergerak di tengah persaingan dan dinamika bisnis industri pelumas yang dinamis, Implemetansi GCG PT Pertamina Lubricants juga mencangkup penandatanganan komitmen manajemen terkait Sistem Tata Kerja (STK) Manajemen Resiko dan pengelolaan Business Development yang terkawal oleh pedoman Pengelolaan Investasi sehingga strategi pengembangan bisnis dan pengambilan keputusan kedepannya dapat diimplementasikan secara terarah, efektif, efisien dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat.


Saat ini, PT Pertamina Lubricants juga tengah menjalani proses menuju sertifikasi penerapan Sistem Manajemen Anti Suap berdasarkan ISO 37001: 2016 sebagai komitmen dalam menjalankan tata nilai Pertamina Clean.


“Bersama Pemerintah Republik Indonesia dan Pertamina, kami berkomitmen menanamkan value berintegritas, bersih dan transparan di seluruh jajaran manajemen dan pekerja dan mendorong budaya tersebut untuk dijalankan dalam keseharian bekerja,” Jelas Iwan.


Sejak mendapatkan penghargaan Annual Pertamina Subsidiary Award (APSA) Tahun 2019 untuk Downstream Best Implementation of Good Corporate Governance dalam penilaian GCG tahun 2018, PT Pertamina Lubricants terus mengupayakan pengembangan perbaikan penerapan GCG kedepannya.


Iwan menegaskan bahwa PT Pertamina Lubricants akan terus menerapkan standar penerapan prinsip GCG yang tinggi sehingga dapat menjadi pedoman optimalisasi peforma, pengambilan keputusan, pengelolaan resiko dan menghindari benturan kepentingan guna mencapai kinerja perusahaan terbaik kedepannya.


©Copyright PT Pertamina Lubricants 2018.All rights reserved