PT Pertamina Lubricants Ajarkan Penerapan Digitalisasi Guru dan Siswa SLB di Balikpapan

PT Pertamina Lubricants Ajarkan Penerapan Digitalisasi Guru dan Siswa SLB di Balikpapan

PT Pertamina Lubricants Ajarkan Penerapan Digitalisasi Guru dan Siswa SLB di Balikpapan

Baikpapan, 22 September 2020 - Pandemi Covid-19 memberikan dampak di bidang pendidikan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Pembelajaran tatap muka berganti dengan sistem pembelajaran jarak jauh yaitu sistem online yang mana memberikan tantangan baru untuk beradaptasi bagi Sekolah Luar Biasa (SLB) di Balikpapan.


PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region VI hadir mendukung inovasi sistem pembelajaran online dengan memberikan bantuan paket data untuk guru dan siswa serta voucher BBK sebagai penunjang guru pada saat home visit agar kegiatan belajar dan mengajar bagi siswa difabel tetap dapat di jalankan dengan optimal. Selain itu juga mengajarkan teknis penggunaan aplikasi-aplikasi video conference. Bantuan ini di berikan kepada dua Sekolah Luar Biasa (SLB) yang berada di Balikpapan yakni SLB Dharma Kencana dan SLB Tunas Bangsa dengan total 42 guru dan 213 siswa.


Sales Region Manager VI Didik Setyo Nugroho menyampaikan bahwa PT Pertamina Lubricants ingin berkontribusi untuk memudahkan para guru dan siswa untuk melakukan home visit sekaligus membantu dalam proses adaptasi sistem digitalisasi yang menjadi sangat penting di masa pandemi Covid-19.


"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian kami agar sistem belajar mengajar dapat terus terlaksana dengan baik. Kami berharap dengan bantuan paket data dan voucher BKK dapat meringankan pekerjaan para guru dalam menjalakan tugas mulianya, terlebih ketika home visit kepada siswa yang memang tidak dapat melakukan pembelajaran secara online," ungkapnya.


Sales Region VI juga melakukan pelatihan penggunaan aplikasi-aplikasi video conference kepada guru dan siswa. "Penguasaan aplikasi penunjang pembelajaran juga merupakan kunci dari keberhasilan proses belajar mengajar secara online. Dengan pelatihan ini kami berharap para guru dan siswa dapat menguasai berbagai aplikasi ini sehingga tantangan belajar jarak jauh dapat dihadapi dengan baik," lanjut Didik.


Ibu Hj. Susana, S.Pd selaku Kepala Sekolah SLB Tunas Bangsa menyampaikan rasa terimakasih kepada PT Pertamina Lubricants atas kepedulian ini. "Dukungan ini sangat bermanfaat bagi kami terlebih di kondisi yang memantang saat ini. Kami mengapresiasi kepedulian PT Pertamina Lubricants untuk bidang pendidikan khususnya dukungan untuk SLB," ujarnya.


Kevin (17), salah satu siswa SMA SLB Tunas Bangsa penyandang tuna wicara dengan menggunakan bahasa isyarat bercerita, "Pembelajaran online terkadang sulit dipahami. Orang tua juga belum tentu menguasai penuh cara menggunakan aplikasi. Dengan pelatihan ini dapat membantu saya dan orang tua untuk lebih paham teknologi. Proses belajar jadi sangat terbantu.”


©Copyright PT Pertamina Lubricants 2018.All rights reserved