Bengkel Enduro Home Service di SMK Banjarmasin Laris Manis

Kamis, 14 Jul 2022 | 169 views   329 likes


Banjarmasin – PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan Subholding Commercial & Trading Pertamina melalui program CSR bidang wirausaha perbengkelan di SMK yakni Enduro Home Service (EHS), salah satu bengkel di SMKN 5 Banjarmasin terus dibanjiri pengunjung dari masyarakat sekitar sekolah. Lokasi bengkel yang strategis membuatnya selalu ramai dan terus aktif membuka pelayanan servis motor setiap harinya sehingga mampu berkembang secara pesat.
 
Dalam sehari, Bengkel menerima 10 sampai 20 pelanggan dengan pembelian botol pelumas Pertamina sebanyak 2 sampai 3 botol. Tak hanya itu, siswa juga melakukan layanan home service sebanyak 3 kali sehari.
 
Sebelumnya, Bengkel SMKN 5 ini merupakan bengkel umum milik sekolah yang kemudian di branding menjadi Enduro Express dengan diadakannya program EHS bersama PTPL.
 
EHS adalah program kerja sama yang melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan otomotif/ Bengkel Motor di Indonesia. Dalam kerjasamanya ada berbagai pelatihan yang diberikan yakni pelatihan product knowledge tentang Pelumas dan sistem pelumasan, sales technique, manajemen pemasaran dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship).
 
Dalam kerja sama tersebut, PTPL memberikan bantuan ruang belajar secara nyata yakni penyediaan bengkel Enduro Express yang dibangun di area sekolah yang dilengkapi peralatan (tool kit) dan paket Pelumas Pertamina Enduro Series sehingga bengkel dapat berfungsi secara optimal sebagai tempat belajar berwirausaha mengelola bengkel, menjual pelumas dan servis ringan, serta ganti oli motor kendaraan roda dua.
 
Dalam rangka praktik mata pelajaran PKK (Produk Kreatif & Kewirausahaan), siswa jurusan TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) SMKN 5 Banjarmasin melaksanakan pelayanan servis motor dan penggantian oli secara home service.
 
Kepala Program TBSM Edy menyampaikan harapannya agar para siswa dapat lebih mendalami wawasan mengenai produk-produk pelumas Pertamina. "Dengan adanya program EHS ini membantu dalam melatih keberanian dan meningkatkan jiwa entrepreneur para siswa. Harapan siswa dapat diberikan pelatihan yang lebih mendalam mengenai pelumas Pertamina agar mampu melayani konsumen dengan lebih optimal,” tuturnya.
 
Kedepannya, PTPL akan mengadakan pelatihan praktis dengan memberdayakan mekanik bengkel sekolah juga termasuk alumni sekolah dan siswa Kelas 11 Jurusan TBSM. Selain itu akan diberikan pelatihan product knowledge dari Sales Region VI.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas