Pertamina Lubricants Terapkan kurikulum Wirausaha Perbengkelan di SMK 1 Talaga

Senin, 06 Dec 2021 | 57 views   218 likes


Majalengka – Dalam upaya kontribusi di bidang pendidikan di Indonesia,  PT Pertamina Lubricants (PTPL), kembali meluncurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Enduro Home Service (EHS) berbasis Revolusi industri 4.0 bersama SMKN 1 Talaga, Kab. Majalengka, Jawa Barat pada hari Senin, 6 Desember 2021. 

Peresmian program ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PTPL dan SMKN 1 Talaga dan disaksikan juga oleh mitra Industri lainnya meliputi Technical Leader PT Astra International Tbk Dudi Media, Technical Leader PT Astra International Tbk. Jatiwangi Muhammad Indra, Talent Acquisition Executive PT Kaldu Sari Nabati Indonesia Sinta Dewi Maryani, serta para Guru SMKN 1 Talaga Kab. Majalengka.

EHS merupakan salah satu program yang sejalan program Link & Match Industri dari Pemerintah. Melalui program EHS, siswa SMK akan didorong untuk memadukan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi teknis pelumas dan kewirausahaan dengan output berupa pelayanan home service melalui media digital. Siswa akan menjadi pelanggan di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa perbaikan kendaraan roda dua, ganti oli dan servis ringan lainnya.

Link and Match ini dibuat untuk mensinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja andal sekaligus menghemat pengeluaran untuk menjadi sumber daya manusia baru yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain itu, pengembangan SMK dan sistem belajar SMK juga harus didorong dengan penerapan digitalisasi sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dan Juknis Program pengembangan SMK berbasis Revolusi Industri 4.0.

SMKN 1 Talaga sendiri merupakan salah satu SMK yang ditunjuk langsung oleh Presiden Republik Indonesia dari 33 SMK di Indonesia sebagai SMK Berbasis Revolusi Industri 4.0 & Kawasan Prioritas Nasional Tahun 2021. 
Melalui program EHS, PTPL akan menjadi contributor dalam Penyusunan Dokumen Kurikulum SMK Negeri 1 Talaga,menjadi Instruktur dari perusahaan sebagai Guru Tamu, Pelatihan/Praktik kewirausahaan dan hal lainnya yang berhubungan dengan dunia pelumas dan perbengkelan. 

"Kami berharap kolaborasi ini akan mampu mendorong semangat siswa SMK dalam proses belajar dan membantu akselerasi kemampuan dan potensi wirausaha untuk menggapai masa depan terbaiknya, khususnya di era persaingan dunia kerja yang ketat,” tutur Intania Prionggo Manager Public Relations PTPL. 

Kepala Kompetensi Roda Dua SMKN 1 Talaga Iyan Haryanto S.Pd menyampaikan, "Kami sangat berterimakasih kepada PTPL yang turut andil dalam mencerdaskan anak bangsa dengan menjadi bagian dari program SMK berbasis Revolusi 4.0. Kami berharap PTPL bisa membimbing siswa  SMK 1 Talaga dalam mengembangkan kompetensi industri dan memberikan pendampingan dalam program Enduro Home Service.”

Program EHS tidak hanya melatih kemampuan otomotif para siswa namun juga kemampuan komunikasi & soft skill mereka dengan fokus kepada pelanggan. Saat ini, program EHS sudah berjalan di 12 SMK secara nasional, melibatkan lebih dari 3000 peserta dan sudah disosialisasikan di 23 SMK dengan jumlah peserta sebanyak 15,000 siswa di seluruh Indonesia.

Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal dan Pertamina Go Sustainability untuk menghadirkan pendidikan berkualitas yang berkelanjutan, serta sebagai wujud kontribusi PTPL dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 4 tentang Pendidikan Berkualitas dan nomor 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas