Bangun Jiwa Usaha Santri Tasikmalaya Melalui Enduro Sahabat Santri

Jumat, 17 Dec 2021 | 44 views   232 likes


Tasikmalaya – Dengan semangat sinergi di penghujung tahun 2021, PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS). Kali ini, program ESS hadir di Pondok Pesantren As-Salam Cideeng, Tasikmalaya. 

Bekerjasama dengan Forum Komunikasi Nasional (FKN) BLK Komunitas dan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, program diresmikan pada hari Rabu, 16 Desember 2021 melalui branding bengkel Enduro Express Kurangga Motor, pemberian toolkits, wearpack, paket pelumas dan nantinya akan dilanjutkan dengan rangkaian pelatihan teknis dan non teknis otomotif dan dunia wirausaha. 

Sebagai bentuk kerja sama, FKN BLK Komunitas turut membantu dalam mendelegasikan Pesantren yang tergabung dalam BLK Komunitas dan memberikan pelatihan dan sertifikasi dalam mekanik roda dua untuk para santri. Pondok Pesantren As-salam Cideeng Tasikmalaya ini merupakan pondok pesantren dengan jumlah lebih dari 200 santri.

Ustad Deni Alhamdi selaku pimpinan pesantren menyampaikan rasa terima kasihnya atas kolaborasi yang inovatif ini.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PTPL dan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang telah mempercayai dan memberikan kesempatan kepada kami untuk dilibatkan dalam program Enduro Sahabat Santri. Kami sadar santri bahwa di zaman sekarang ini tidak bisa memperoleh ilmu agama saja namun juga harus memiliki skill lainnya untuk menghadapi perkembangan zaman yang kian pesat dengan adanya disrupsi teknologi dan digitalisasi. Kami berharap bengkel Enduro Express Kurangga ini menjadi keberkahan untuk kami dalam upaya bersama membangun bibit-bibit unggul bangsa,” tuturnya.

ESS merupakan program pengembangan ilmu wirausaha (entrepreneurship) dan penerapan ilmu teknis otomotif di bidang perbengkelan roda dua dimana para santri akan di asah kemampuannya dalam berbisnis, berjualan dan memasarkan produk dan jasa (sales & marketing) dan menekuni ilmu teknis sebagai mekanik bengkel. 

Program ini adalah inovasi yang memberikan kesempatan kerja bagi para santri sehingga mereka mampu memiliki daya saing tinggi serta menjadi bagian dari motor roda perekonomian nasional.  

ESS telah dijalankan di dua wilayah lainnya yakni di Pesantren Majelis Ilmu Rahmatan Lil'Alamin, Cibubur, Jakarta Timur dan Yayasan Pendidikan Islam Darul Falakiyah, Tangerang.

Program ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina yaitu Go Sustainable dan Go Collaborative yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal dan menghadirkan pendidikan berkualitas yang berkelanjutan, serta sebagai wujud kontribusi PTPL dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 4 tentang Pendidikan Berkualitas dan nomor 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas