Tingkatkan Sinergitas, Pertamina Lubricants Gandeng Dinas dan Organisasi Masyarakat Setempat Terkait Membangun Kampung Zero Waste

Minggu, 27 Nov 2022 | 108 views   124 likes


Gresik - PT Pertamina Lubricants (PTPL) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik, Organisasi Pattiro, dan Ecoton secara bersama – sama melakukan kegiatan Launching Kampung Zero Waste di Balai RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. 

 

Kampung Zero Waste merupakan program yang berfokus pada pengelolaan sampah yang bertujuan untuk mencapai “0” sampah di lingkungan masyarakat. Hal ini selaras dengan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Tahun 2021 Tentang Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik Sekali Pakai, sehingga diharapkan Program Kampung Zero Waste dapat menjadi percontohan bagi lokasi lainnya untuk bisa mencapai “nol” sampah. 

 

Kegiatan Launching Kampung Zero Waste dibuka dengan tarian kreasi anak – anak RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul, yang kemudian dilanjutkan dengan laporan panitia Kampung Zero Waste kemudian dilakukan penyematan ID Card kepada Tim Penyuluh Zero Waste, Serah Terima secara simbolis bantuan PT Pertamina Lubricants kepada RT 02 RW 05 Kelurahan Sidokumpul, dan pemasangan Biopori secara simbolis.

Acara Launching Kampung Zero Waste juga ikut dihadiri oleh Camat Gresik Arif Wicaksono, Lurah Sidokumpul Sulaiman Rasjid, serta Masyarakat RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. 

 

Dalam sambutannya, Sri Subaidah menyampaikan bahwa RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul ini bisa menjadi cikal bakal untuk kampung – kampung lainnya menuju Zero Waste, “Kampung Zero Waste merupakan sebuah program yang menjadi solusi di tengah masalah penumpukan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir), melalui program ini diharapkan dapat mengurangi tumpukan sampah secara signifikan. Dan melalui kolaborasi berbagai pihak, harapannya Kampung Zero Waste ini dapat menjadi cikal bakal untuk kampung – kampung lain dalam melakukan pengelolaan sampah.”

 

Selanjutnya, Manager Production Unit Gresik Setyo Nugroho menuturkan,, “Program Kampung Zero Waste ini tentunya merupakan program jangka panjang dalam pengelolaan sampah, tidak hanya terkait sarana prasarana yang harus didukung. Namun juga soal perilaku minim sampah yang harus digalakkan, melalui program ini harapannya seluruh stakeholder maupun masyarakat terkait terus berkomitmen secara penuh dalam pengurangan sampah.”  

 

Senada, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil juga menuturkan untuk mencapai Kampung Zero Waste tentunya komitmen harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu yang kemudian dapat ditularkan kepada lainnya. Harapannya Kampung Zero Waste ini dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sampah, sehingga dapat mengurangi tumpukan sampah yang sudah mencapai batas maksimal di TPA. 

 

Dalam kesempatan ini, PTPL menyalurkan bantuan sebanyak 150 biopori (secara bertahap), Tong Komposter 1 unit, dan perlengkapan pendukung lainnya. 

 

Program ini selaras dengan program ESG Pertamina dan pilar "Go Sustainable" dan "Go Collaborative", serta mendukung pencapaian SDGs nomor 11 dan 13 tentang Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, serta Penanganan Perubahan Iklim.

 



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas