Santri Berwawasan Wirausaha, Pertamina Lubricants Luncurkan Program Enduro Sahabat Santri di Jombang

Selasa, 22 Nov 2022 | 65 views   192 likes


Jombang - Sebagai bentuk kontribusi nyata untuk membentuk generasi muda unggul Indonesia sekaligus sebagai langkah dalam membangun usaha bengkel otomotif yang terintegrasi, PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali meluncurkan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Pondok Pesantren Al-Kautsar Jombang, Jawa Timur  pada, 22 November 2022. 
 
Mulainya program ditandai dengan pelaksanaan pelatihan Enduro Sahabat Santri yang didampingi oleh BLK Komunitas Al-Kautsar serta penyerahan bantuan paket peralatan (toolkits), paket oli, dan wearpack oleh Sales Region Manager V PTPL Atoy Saturi kepada 20 santri dari pondok pesantren Al-Kautsar, Jombang. 
 
Pada kesempatan ini, PTPL juga melakukan branding bengkel Enduro pondok pesantren yang diresmikan langsung oleh Ketua Yayasan Al-Kautsar H. A’adzkiyaul Faizin, S.Pd dan disaksikan secara langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Kautsar Ahmad Haidarul Faads S. Kom, Wakil Kepala Sekolah di SMK Al-Kautsar Ahmad Sabbihisma, S.Pd,  Ketua BLK Komunitas Al-Kautsar H. Muhammad Lana Syifaun Ni’ams, S.E dan Pengurus Pesantren Al-Kautsar.
 
ESS merupakan program pengembangan ilmu wirausaha (entrepreneurship) dan penerapan ilmu teknis otomotif di bidang perbengkelan roda dua dimana para santri akan diasah kemampuannya dalam berbisnis, berjualan dan memasarkan produk dan jasa (sales & marketing) dan menekuni ilmu teknis sebagai mekanik bengkel.
 
Program ini adalah inovasi yang memberikan kesempatan kerja bagi para santri sehingga mereka mampu memiliki daya saing tinggi serta menjadi bagian dari motor roda perekonomian nasional.
 
Bantuan pendirian bengkel ini merupakan upaya sinergi pemerintah, komunitas, dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang unggul dengan mendekatkan akses pelatihan bagi masyarakat. Dalam hal ini, PTPL menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) bekerja sama dengan FKN BLK Komunitas kementerian Ketenagakerjaan RI, dan pesantren.
 
Sales Region Manager V Atoy Saturi dalam sambutannya menyampaikan, "PTPL akan selalu mendukung generasi muda Indonesia agar terus menjadi anak muda yang produktif, inovatif dan berani mengambil langkah untuk mandiri. Kegiatan ESS di Jombang merupakan program ke-2 setelah sebelumnya dilakukan di Madura. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat, khususnya di wilayah Sales Region V." 
 
Sebelumnya program pelatihan ESS di wilayah Sales Region V Jatim Balinus telah diluncurkan di Pondok Pesantren Annuqayah, GulukGuluk Sumenep, Madura pada 18 Oktober 2022 lalu 
 
Sebelum praktek pelatihan di BLK Komunitas, peserta dibekali dengan pemberian materi Product Knowledge dari PTPL diikuti dengan materi Kewirausahaan yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah di SMK Al-Kautsar Ahmad Sabbihisma.
 
Sementara itu Ketua Yayasan Al-Kautsar yakni H. A’adzkiyaul Faizin, S.Pd juga turut menyampaikan terimakasih kepada PTPL yang telah memberikan perhatian lebih kepada pondok pesantren Al-Kautsar dan bersama sama mengembangkan serta meningkatkan kemampuan para santri. Harapannya dengan adanya kerjasama ini akan terjalin dengan baik kedepannya sehingga dapat memberikan manfaat sebagaimana yang telah diharapkan bersama.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas